Cara Mengemudi Mobil Manual Di Tikungan

Chassis merupakan kerangka internal yang menjadi dasar untuk produksi suatu objek yang disatukan dengan mesin atau alat elektronik dari objek tersebut. Pada kendaraan (mobil khususnya), chassis memiliki fungsi sebagai penopang berat dan beban kendaraan hingga penumpang, tempat kedudukan mesin, transmisi, dan semua komponen pendukung mobil lainnya.

Selain itu, chassis juga memiliki fungsi untuk mempertahankan bentuk mobil agar tetap rigid, kaku, dan tidak mengalami deformasi saat digunakan. Oleh karenanya, material yang digunakan harus memiliki kekuatan yang sanggup menahan semua beban kendaraan tersebut.

Umumnya, chassis terbuat dari kerangka besi/baja yang didesain khusus sehingga bisa memenuhi kebutuhan untuk beragam aspek seperti keamanan, ketahanan, hingga kemampuannya untuk digunakan di berbagai kondisi berkendara.

Nah, pada artikel kali ini, ombro akan berbagi informasi tentang jenis-jenis chassis mobil yang umum digunakan saat ini. Simak info jenis-jenis chassis mobil dibawah ini

LADDER FRAME

Chassis jenis Ladder frame adalah chassis yang memiliki bentuk seperti tangga dan menjadi dasar kedudukan bagi bodi kendaraan, mesin, transmisi, dan komponen mobil lainnya. Jadi chassis ladder frame ini dipasang dibagian bawah kendaraan untuk menopang bodi, mesin dan seluruh komponen suatu mobil.

 

 

Chassis ini biasanya terbuat dari baja simetris berbentuk balok yang pada bagian-bagian tertentu diperkuat dengan menambahkan joint dan crossmember. Pada beberapa desain, chassis Ladder frame ini kerap diperkuat dengan besi menyilang diantara framenya untuk menjaga kekakuan strukturnya.

Contoh mobil yang menggunakan chassis ladder frame adalah mayoritas mobil truk dan pick up seperti Truk canter, Truk isuzu, truk hino, mobil pick up L300, T120ss, Carry, dan lain-lain. Selain itu, chassis ladder frame juga kerap ditemukan pada mobil-mobil SUV seperti ; Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner, Nissan Terra, Land Rover Defender, Ford Everest, Jeep Wrangler, dan lainnya.

MONOCOQUE CHASSIS

Monocoque chassis atau sasis monokok merupakan chassis mobil yang dibuat menyatu sebagai bodi mobil. Dalam bahasa Prancis, monocoque berarti rangka tunggal. Jadi maksudnya, bagian terluar bodi mobil di desain sedemikian rupa sehingga sekaligus berfungsi sebagai kerangka kuat yang melindungi ruang kabin dari benturan.

 

Umumnya, monocoque chassis ini terbuat dari lembaran-lembaran baja composit yang disatukan dan diperkuat dengan beragam cara serta dibentuk menjadi sebuah kerangka bodi mobil. Perhatikan contoh gambar chassis monocoque seperti tertera dibawah ini

 

 

Contoh mobil yang menggunakan chassis monocoque ini umumnya berjenis sedan hingga kendaran mpv seperti misalnya Toyota camry, Honda accord, Mitsubishi lancer, Expander, Avanza-Xenia, Daihatsu sigra, dan lain-lain 

BACKBONE CHASSIS

 Backbone chassis merupakan chassis mobil yang berfungsi sebagai tulang rangka utama tunggal (backbone) yang melintang disepanjang bagian tengah mobil sehingga bagian depan dan bagian belakang mobil saling terhubung.

 

Sepintas, backbone chassis ini terlhat seperti chassis ladder frame yang tepat dibagian tengahnya, kedua rangka yang berhadapan disatukan sehingga menjadi rangka tunggal. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh gambar backbone chassis seperti dibawah ini

 Oleh karena backbone chassis ini memiliki banyak kekurangan seperti misalnya side impact yang buruk serta mahalnya biaya produksi, backbone chassis ini kurang populer untuk diproduksi sebagai chassis kendaraan penumpang dan komersial sehingga tak banyak produsen mobil yang menerapkan jenis rangka seperti ini.

TUBULAR SPACE FRAME

Tubular space frame adalah jenis chassis yang menggunakan bermacam pipa baja untuk dirangkai dan dibentuk sedemikian rupa sehingga menyerupai bentuk mobil secara umum sesuai konstruksi yang diinginkan.

Kekuatan chassis jenis tubular space frame ini sangat tergantung dari mutu dan kualitas sambungan las tiap sendi. Perhatikan contah gambar dibawah yang menampakan chassis jenis tubular space frame.

 

 

Tubular space frame merupakan chassis terbaik yang kekuatan luluhnya sangat bagus di perlindungan kekakuan torsional, ketahanan beban berat, dan beban impact. Oleh karenanya, chassis tubular space frame ini lebih banyak diaplikasikan dalam dunia balap mobil.

ALUMINIUM SPACE FRAME 

Aluminium space frame merupakan chassis mobil yang dibuat seperti chassis monocoque namun menggunakan bahan aluminium seluruhnya. Ya, jika pada chassis monocoque biasa menggunakan lembaran plat baja, Aluminium space frame seluruhnya menggunakan bahan aluminium.

 

 

Audi merupakan salah satu produsen mobil yang memperkenalkan chassis jenis aluminium space frame ini. Selain itu, chassis jenis Aluminium Space Frame ini diklaim 40% lebih ringan dibanding dengan rangka baja monocoque namun 40% lebih kaku / rigid.

SUMBER OMBRO OTOMOTIF .