Segala bentuk transaksi hanya melalui Virtual Account atau Nomor Rekening Resmi PT. Surya Anugrah Gempita. Cara bertransaksi aman dengan Honda Klik di sini

CARA MERAWAT KAKI-KAKI MOBIL

oleh | Jul 11, 2023 | Tips Honda

Cara merawat kaki-kaki mobil sebenarnya harus diketahui oleh semua pemilik mobil. Sebab, jika tidak dirawat akan berpengaruh kepada kenyamanan dan finansial tentunya. Kalo kata anak sekarang sih, jadi boncos atau banyak mengalami kerugian. Kerugiannya tentu ada di pembelian untuk penggantian kaki-kaki mobil. Lumayan, lho, bujet yang dikeluarkan untuk melakukan penggantian kaki-kaki mobil. Rata–rata kisarannya bisa mencapai lebih dari Rp3 juta untuk perbaikan kaki depan atau belakang saja.  Maka dari itu, penting sekali mengetahui cara merawat kaki-kaki mobil supaya awet. Kira-kira apa saja cara yang bisa dilakukan oleh para pemilik mobil, ya?

Cara Merawat Kaki-kaki Mobil

  • Tidak Menghantam Jalan Rusak

Cara pertama untuk merawat kaki-kaki mobil yang paling mudah yakni selalu melakukan pengereman ketika melewati jalan rusak atau polisi tidur. Ini merupakan cara yang paling mudah untuk merawat kaki-kaki mobil supaya lebih awet. Mobil yang sering menghantam jalan rusak tentunya akan lebih cepat rusak. Terlebih para pemilik mobil ini selalu menghantam dengan kecepatan tinggi ketika melibas jalan tersebut. Sebaiknya Anda lebih banyak melakukan pengereman dan berhati-hati ketika melihat ada jalan rusak dan polisi tidur.  Nah, sekarang coba tanya pada diri sendiri, lebih banyak langsung menghantam polisi tidur atau mengerem dulu?

  • Berjalan Pelan di Jalan Rusak

Untuk mengantisipasi hal di atas, Hondalovers setidaknya bisa berkendara dengan kecepatan yang sangat rendah ketika menemui jalan rusak atau polisi tidur. Cara ini cukup ampuh untuk merawat kaki-kaki mobil supaya jauh lebih awet. Walaupun Anda sedang berkendara sendiri, tak ada salahnya untuk berjalan perlahan melewati jalan rusak. Semakin sering menghantam jalan rusak, semakin cepat juga kaki-kaki mobil menjadi rusak. Coba diingat-ingat lagi tentang biaya perbaikannya. Nggak murah, lho!

  • Membawa Beban Berlebih

Cara lain untuk merawat kaki-kaki mobil agar tetap awet yakni tidak membawa beban yang berlebihan. Usahakan Anda membawa beban yang direkomendasikan oleh pabrikan. Jangan sampai Anda membawa barang yang jauh lebih berat dibandingkan beban rekomendasi pabrikan. Sebab, jika dipaksakan maka akan berpengaruh terhadap keawetan kaki-kaki mobil. Biasanya mobil yang sering membawa beban berat akan lebih cepat rusak kaki-kakinya.

  • Rutin Melakukan Spooring

Hondalovers pernah mendengar kata spooring? Nah, ini bisa jadi salah satu cara menjaga keawetan kaki-kaki mobil. Fungsi utama spooring sendiri tentunya untuk meluruskan posisi masing-masing roda mobil sesuai dengan posisi standar atau pengaturan pabrik.  Umumnya berdasarkan pemakaian, posisi roda akan mengalami sedikit pergeseran, terutama ketika melindas lubang atau jalanan rusak. Rekomendasi waktu melakukan spooring biasanya 6 bulan sekali. Atau bisa juga menggunakan jarak tempuh setiap 10.000 km sekali. Semakin sering Anda melewati jalanan rusak, maka semakin cepat juga direkomendasikan untuk melakukan spooring. Hal ini tentunya akan memaksimalkan kaki-kaki mobil agar lebih awet.

  • Rutin Memeriksa Kaki-kaki

Pada saat melakukan spooring, Anda juga bisa sekaligus mengetahui kondisi kaki-kaki mobil. Biasanya mobil akan dinaikkan ke lift dan dilihat kondisi kaki-kaki dari bawah. Teknisi spooring yang baik akan memberikan informasi mengenai kaki-kaki mobil Anda apakah ada komponen yang harus diganti dulu sebelum spooring atau tidak. Namun, jarang sekali ada mekanik yang tidak mau melakukan spooring sebelum komponen kaki-kaki diganti. Jika komponen kaki-kaki ada yang sudah rusak dan tetap dipaksa spooring, maka hasilnya tidak akan maksimal. Atau bisa juga Anda meminta tolong kepada teknisi untuk menginfokan kondisi kaki-kaki. Jika ada komponen yang rusak, minta kepada teknisi tersebut untuk mencatat bagian yang harus diganti. Setelah mengetahui komponen apa saja yang harus diganti, Anda bisa memperbaiki kaki-kaki terlebih dahulu sebelum melakukan spooring.  Cara ini akan jauh lebih efektif dan efisien dibanding memaksakan harus spooring dengan kondisi kaki-kaki yang rusak.

This will close in 0 seconds

This will close in 10 seconds